Bagaimana Menjadi seorang Roomboy Profesional

Salah satu tugas roomboy adakah memelihara kebersihan dan kerapihan kamar yang ada di hotel, sehingga suasana indah, bersih dan nyaman bisa dinikmati oleh para tamu selama menginap di dalam hotel.

Setiap roomboy wajib berpenampilan rapi dan baik. Tidak hanya penampilannya saja yang harus diperhatikan, namun kejujuran, tingkah laku kesopanan kepada para tamu, teman-teman, dan atasan harus dipenuhi. Selain harus memenuhi beberapa unsur penting tersebut, setiap room boy wajib memberikan layanan berkualitas kepada para tamu.

Dengan begitu para tamu bisa merasa puas saat tinggal di hotel tersebut dan akan menjadi pelanggan setia. Ojeh karena itu untuk membuat para tamu merasa puas terhadap layanannya, setiap roomboy wajib memahami segala ketentuan yang berlaku. Jadi apa yang sudah ditetapkan dalam room section harus dipahami mereka dengan baik.

Karena jika seorang roomboy tidak memahami segala ketentuan sebelum bekerja, dimungkinkan hal ini bisa membuat para tamu merasa kecewa. Para tamu yang memang seharusnya diperlakukan dengan baik seperti raja dan ratu namun tidak mendapatkan layanan seperti itu. Maka jika Anda ingin menjadi seorang roomboy, pahamilah beberapa ketentuannya!

Ketentuan Menjadi Roomboy

Untuk menjadi seorang roomboy, anda harus siap bertanggung jawab atas pemeliharaan setiap kamar tamu hotel meliputi kerapian, kebersihan, kenyamanan, dan keindahannya. Selain harus memahami beberapa unsur penting didalamnya, seorang roomboy wajib memberikan layanan sebaik mungkin. Sehingga para tamu menjadi merasa puas saat tinggal di hotel.

Setidaknya bila roomboy melakukan tugasnya dengan baik, hal ini akan membuat para pelanggannya mau kembali lagi. Maka dari itu, setiap room boy wajib memahami beberapa ketentuan dan peraturan penting sesuai tugasnya. Salah satunya adalah harus memakai seragam hotel, kaos kaki, sepatu, rambut dicukur rapih sehingga setiap romboy terlihat lebih menarik.

Selain itu, ketentuan yang harus dipenuhi oleh seorang roomboy adalah harus selalu tepat waktu. Kalaupun berhalangan, sebelumnya harus diberitahukan lebih dulu. Namun yang pasti seorang roomboy wajib melaporkan apa saja yang terlihat mencurigakan kepada supervisor. Roomboy juga harus selalu ramah kepada para tamu dalam memberikan layanan.

Jika ada pekerjaan yang belum selesai, setiap roomboy wajib memberitahukan hal ini kepada shift selanjutnya. Roomboy juga harus selalu melaporkan lost and found kepada supervisornya dan mereka dilarang meninggalkan tempat tugasnya tanpa izin.

Roomboy juga dilarang berbicara keras dan merokok di tempat tugas supaya tidak mengganggu kenyamanan para tamu. Maka dari itu, roomboy juga dilarang menyalakan TV dan radio di kamar ataupun mengundang teman ke hotel. Bahkan sudah ada ketentuan juga bahwa setiap roomboy  (karyawan) tidak boleh memakai lift para tamu.

Tugas dan Tanggung Jawab Roomboy

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang roomboy adalah harus mengelola kamar hotel di area tugasnya. Jadi setiap pengelolaan yang meliputi kerajinan, ketelitian, dan kualitas kamar merupakan tanggung jawab dan tugas roomboy. Room boy juga harus selalu rajin, terampil, dan teliti dalam melakukan tugasnya. Diantaranya yaitu harus memastikan kamarnya dalam keadaan rapi dan bersih.

Sehingga para tamu menjadi merasa lebih nyaman. Maka dari itulah setiap roomboy wajib menjaga kamar dan memperhatikannya dengan baik dan teliti saat mengecek semua perlengkapan yang ada. Roomboy juga bertugas melayani tamu. Tidak ada batasan waktu untuk melayani para tamu selama jam kerjanya. Jadi setiap saat tamu membutuhkan bantuan, roomboy harus selalu siap.

Selain itu, setiap roomboy wajib menjalankan kerja sama dengan para rekan sejawatnya dalam lingkup housekeeping department. Hal ini harus diperhatikan dengan baik karena setiap industri hotel termasuk satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga semua departemen saling berkaitan erat satu dengan yang lainnya.

Definisi Room Status

Saat ini sistem komputerisasi selalu dipakai untuk mengoperasionalkan hotel. Karena sistem tersebut berguna untuk memudahkan dan memperlancar operasional hotel. Dengan adanya teknologi komputerisasi membuat proses pengelolaan hotel lebih mudah, sederhana, dan meminimalisir kesalahan yang terjadi. Apalagi saat ini software hotel sudah banyak yang dikembangkan dengan segala kelebihannya.

Sehingga hal ini memberikan solusi terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan operasional hotel. Hal yang pasti, bagi setiap roomboy wajib memahami dengan baik setiap code yang digunakan pada room status, karena setiap code berarti sesuatu. Misalnya saja untuk code O artinya adalah occupied. Jika melihat kode itu artinya kamarnya sedang ditempati tamu.

Sedangkan jika terdapat kode OC merupakan singkatan dari occupied clean yang artinya adalah kamarnya ditempati tamu hotel dalam kondisi bersih. Kemudian masih ada OD yang artinya adalah Occupied Dirty. Artinya adalah kamar yang ditempati tamu dalam kondisi kotor karena perubahan status OC menuju OD. Status ini terjadi saat melewati semalam.

Jika ada kode V artinya kamarnya kosong. Sedangkan VC menandakan bahwa kamar yang sedang kosong tersebut kondisinya bersih. Berbeda sekali dengan VD yang menandakan bahwa kamar kosong tersebut dalam keadaan kotor. Sedangkan VCI menandakan bahwa kamar kosongnya telah diperiksa dan siap untuk digunakan para tamu.

Operasional dan Shift Roomboy

Berdasarkan ukuran standardnya, seorang roomboy itu dalam kesehariannya memiliki 3 shift kerja, yaitu morning, evening, dan night shift yang dimulai dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Kemudian jam 4 sore sampai 12 malam. Untuk shift malam dimulai dari jam 00.00 sampai 8 pagi.

Sementara itu, untuk ruang lingkupnya disesuaikan dengan ukuran standardnya. Setiap roomboy merupakan bawahan dari Floor captain. Beliau bertanggung jawab terhadap executive housekeeper. Setiap floor captain mengemban tanggung jawab berat demi kelancaran pemeliharaan kebersihan kamar tamu yang dilakukan roomboy dan roommaid.

Jadi setiap roomboy harus mempersiapkan kamar tamu dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku agar dapat menyelesaikan tugasnya sebaik mungkin. Dengan cara inilah diharapkan bisa memberikan kepuasan kepada para tamu hotel.

Itulah beberapa hal yang merupakan tugas dan tanggung jawab seorang roomboy. Maka dari itu, jika Anda tertarik dengan profesi ini, sebaiknya pahami ketentuan, tugas, tanggung jawab, definisi room status, dan ruang lingkupnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, anda bisa menjadi roomboy yang professional.